Kisah Kakek Jumain, Penjual Rokok Korban Abu Tours

Kisah penipuan dan penggelapan uang calon jamaah umroh oleh bos Abu Tours Hamzah Mamba yang mencapai lebih dari Rp1 triliun benar-benar sudah menjadi pemberitaan nasional. Tercatat ada puluhan ribu calon jamaah yang tertipu.

Satu dari sekian banyak calon jamaah umroh Abu Tours yang gagal berangkat adalah Jumain. Lelaki berusia 70 tahun itu harus menelan pil pahit kekecewaan karena tidak jadi berangkat ke tanah suci.



Jumain menjadi salah seorang yang terlanjur memberikan kepercayaan kepada Abu Tours yang dikelola oleh Hamzah Mamba. Sejumlah uang sebesar Rp 17 juta dia setorkan kepada Abu Tours agar dia mewujudkan keinginan pergi umrah, lihat Baitullah. Namun kepercayaannya kini berbalas pahit, bukan saja tidak jadi berangkat ke Tanah Suci tapi tabungannya terancam lenyap karena Hamzah Mamba menggunakan uang yang terkumpul untuk keperluan lain.



Padahal uang tersebut bukanlah nominal kecil buatnya. Ia mengumpulkan dari jualan rokok di kios kecilnya. Selain itu juga dari tambahan jualan makanan, kopi, dan camilan.

"Dari hasil jualan campuran, sudah lama setor, sudah puluhan tahun, tapi tidak berangkat. Maunya diberangkatkan," tutupnya.



Kini, Kakek ini berharap Abu Tours memberangkatkan jemaah untuk bisa umrah. Bila tidak, maka jemaah berharap segera dikembalikan uangnya.




Cara Ampuh Menghindari Curankor (Pencurian Korek)

Kehilangan korek adalah lika-liku paling sedih yang dialami oleh perokok. Mau menyulut rokok, eh tahu-tahu korek kesayangan telah lenyap. Pada beberapa kasus, korek biasanya tertingal, namun pada lebih banyak kasus, korek biasanya diambil teman sendiri, atau istilah bekennya, Curankor (Pencurian korek).

rokok

Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dugunakan untuk menghindari tindak curankor (pencurian korek):

Bantu Bakar

Tindakan ini dilakukan bagi siapa saja yang hendak meminjam korek api. Alih-alih memberikan korek api, yang dilakukan adalah membantu teman atau siapa pun yang meminta api. Cara demikian efektif untuk menjaga korek api tidak pindah tangan.


bungkus rokok

Korek api cadangan

Upaya lain yang bisa dilakukan adalah dengan menyediakan korek api cadangan. Bisa jadi yang stok gasnya sudah tinggal sedikit. Korek api ini yang bisa dipinjamkan ke orang.

rokok

Pakai korek api kayu

Penelitian menyatakan bahwa korek yang bermerek dan berharga lebih mahal adalah yang paling rawan hilang. Karena itu, jika ingin aman pakailah korek api kayu atau korek api yang biasa-biasa saja.




Akun @ReviewRokok, Konsultan dan Reviewer Rokok Ask.fm

Selama ini, kita mengetahui ada banyak jenis review produk yang beredar di pasaran, dari mulai review ponsel, mobil, buku, dan segala rupa barang yang lain. Nah, usut punya usut, ternyata rada juga lho yang suka mereview produk rokok.

bungkus rokok

Reviewer ini adalah pemilik akun @reviewrokok di ask.fm. Seusai namanya, akun @reviewrokok ini seringkali mereview rokok dari berbagai merek dan kemudian membagi reviewnya di akun ask.fm-nya.

orang merokok

Tak hanya mereview, ia juga membuka tanya jawab dengan para followernya. Banyak followernya yang tertarik untuk bertanya dan berkonsultasi pada akun @reviewrokok, baik berkonsultasi soal rasa maupun soal harga.

“Mas nanya rokok rasanya mirip a mild tapi harga pas di kantong ada kah?” tanya akun Sebatsman, yang kemudian dijawab oleh @reviewrokok dengan mantap, “Paling camel mild sih, 17.000 untuk saat ini harganya. atau kalo mau high class dikit bisa coba dunhill ultra.”

bungkus rokok

Ada juga yang bertanya soal fisik rokok, misal seperti pemilik akun @MikhaelMilianka yang bertanya “Bang bedanya gudang garam interational sm djarum super apa?? Soalnya dari fisik sm rasa mirip banget.”

Jawaban @Reviewrokok sangat jelas dan informatif.

“Pertama sih dari ukuran. GG International itu king size, Djarum Super itu long size. Kedua itu rasa, GG International itu lebih kuat sensasi berry dan rasa manis lebih kerasa. Kalo Djarum Super ada berry juga, cuman dominan ama rasa nangka ama cempedak, plus nggak gitu manis dibanding GG International. Ketiga, pabriknya aja udah beda mas, yang satu buatan Gudang Garam satunya lagi Djarum.”

rokok

Gimana? Tertarik buat konsultasi soal rokok?




Minuman yang Cocok Dijadikan sebagai Teman Merokok

Tidak merokok membuat bibir kecut, tapi merokok tidak diselingi kudapan atau minuman membuat mulut terasa pahit. Ungkapan ini sudah umum di kalangan perokok.

bungkus rokok

Banyak perokok yang sengaja merokok sambil ditemani oleh kue ataupun minuman sebagai pelengkap. Nah, ngomong-ngomong soal minuman teman merokok, ada beberapa jenis minuman yang memang cocok dijadikan sebagai kawan merokok. Beberapa di antaranya adalah

1. Kopi

Kopi dan rokok mempunyai sifat yang hampir sama, tetapi bila digabungkan sulit dijelaskan rasanya. Itulah sebabnya banyak di antara perokok yang tidak bisa kerja sebelum menikmati keduanya di pagi hari.

rokok dan kopi

2. Teh

Hampir menyerupai kopi, teh mempunyai penikmat tersendiri. Minuman ini cocok dinikmati bersama rokok. Terlebih di sore hari, ketika tubuh membutuhkan relaksasi.

3. Jus

Jus di sini bisa terbuat dari buah dan sayuran, tergantung selera saja. Minuman ini cocok dikonsumsi bersama rokok. Buah dan sayuran mengandung flavonoid dimana sangat bermanfaat menghalau zat potensial penyakit kanker, terutama sisa pembakaran dari rokok. Selain itu punya manfaat sebagai antivirus, antialergi, antiperadangan, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

orang merokok

4. Air putih

Ini bukan cocok sebagai teman merokok, melainkan kewajiban kita untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Jadi merokok atau tidak, air putih tetap dikonsumsi. Bagi perokok, manfaat mengonsumsi air putih membuat nikotin akan lebih cepat larut.




Uniknya Komunitas Pecinta Pipa Rokok Pekalongan

Kita tentu sudah tahu bahwa di Indonesia ini, jumlah perokok sangatlah banyak, nah, dari sekian banyak perokok itu, ternyata tak sedikit orang yang suka merokok menggunakan pipa rokok. Bagi mereka, merokok menggunakan pipa rokok terkesan lebih bersih, lebih nyeni, dan lebih estetis.

orang merokok

Di banyak kota, banyak komunitas-komunitas perokok pecinta pipa rokok. Pekalongan salah satunya. Komunitas pecinta pipa rokok Pekalongan ini cukup eksis di kalangan para pengguna pipa rokok.

orang merokok
Komunitas ini bisa dengan mudah ditemui melalui grup facebook “Komunitas Pecinta Pipa Rokok Pekalongan”.

Sesuai namanya, komunitas ini berisi orang-orang yang suka menggunakan pipa rokok. Tak tanggung-tanggung, jumlah anggota komunitas ini cukup banyak, ada 900 akun yag bergabung.

bungkus rokok

Di grup ini, para member bisa bertukar info serta saling memamerkan pipa rokoknya.

Tak jarang, di grup ini, terjalin transaksi jual beli atau saling tukar pipa rokok di kalangan sesama pecinta rokok. Maklum, sebab, selain sebagai sarana untuk merokok, pipa rokok ternyata juga cocok dijadikan sebagai bahan koleksi.

pipa rokok

pipa rokok

Di grup ini, kita bisa melihat betapa banyaknya jenis dan aneka bentuk pipa rokok. Dari yang sederhana sampai yang rumit, dari yang terbuat dari kayu biasa sampai yang terbuat dari tulang sapi.




Tiga Alasan Kenapa Mengapa Tidak Merokok Sambil Berkendara

Meski aktivitas merokok tidak termasuk sebagai aktivitas yang mengaburkan konsentrasi dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) sehingga tidak bisa diancam pidana. Namun, merokok sambil berkendara tetaplah bukan kebiasaan yang baik.

rokok

Tapi tetap saja masih banyak perokok yang memaksakan untuk menghisap rokok sambil berkendara. Inilah alasan kenapa merokok sebaiknya tidak Anda lakukan:

1.Mengurangi fokus

Melakukan dua hal secara bersamaan sudah barang tentu membuat fokus berkurang. Merokok sambil berkendara akan membuat sikap awas jadi kendur. Kecuali kamu punya dua otak boleh saja merokok sambil berkendara, sebab dengan begitu kamu bisa membagi konsentrasi ke dua hal secara bersamaan.

bungkus rokok

2.Tidak mengurangi rasa bosan

Merokok sambil berkendara tidak membuatmu lebih relaks. Yang ada malah jadi tegang sebab harus berkonsentrasi pada dua hal secara bersamaan. Relaksasi saat berkendara hanya bisa tercapai apabila kamu menghentikan kendaraan dan mencari tanah lapang untuk merokok. Syukur-syukur kalau di bawah pohon yang rindang selagi matahari sedang terik-teriknya. Bul... bul... Nikmat kan?

rokok

3.Tidak tersedia asbak di jalan

Sebagai perokok, kamu perlu menjaga citra yang baik bahwa perokok adalah manusia yang cinta akan kebersihan. Maka dari itu, hindarilah merokok di kendaraan karena di jalan tidak tersedia asbak. Dan puntung rokokmu tidak membuat siapa pun yang tidak beralas kaki jadi terluka karena ulahmu.




Kiai Arwani Faisal: Hukum Rokok Bisa Haram, Makruh, dan Mubah

Nahdlatul Ulama (NU) yang merupakan ormas terbesar di Indonesia adalah salah satu lembaga yang tidak melarang pengikutnya untuk menghisap rokok.

orang merokok

Berbagai alasan dikemukan oleh PBNU termasuk oleh staf dewan halal PBNU, Kiai Arwani Faisal. Ia memegang teguh kesepakatan pada acara bahtsul masail oleh Lembaga Bahtsul Masail PBNU yang mengatakan bahwa hukum merokok haram bagi orang tertentu, seperti penderita jantung, paru-paru, vertigo dan sebagainya. Dalam hal ini, tidak ada kontroversi antara MUI dan NU. Namun begitu, menurutnya, hukumnya bisa menjadi makhruh pada kondisi dan orang yang tertentu pula.

orang merokok

"Merokok haram secara khusus bagi orang tertentu sekiranya menimbulkan mafsadah (bahaya) relatif berat, seperti bagi penderita jantung, paru-paru, vertigo dan sebagainya. Merokok makruh secara umum selama tidak berlebihan dan sekiranya hanya menimbulkan mafsadah relatif ringan. Dan merokok mubah jika dilakukan sesekali untuk suatu manfaat, seperti meningkatkan konsentrasi, dan sekiranya hanya menimbulkan mafsadah relatif ringan, tetapi kemudian mudah luntur oleh darah putih dan anti oksidan,” ujar Kiai Arwani Faisal yang juga Anggota Komisi Fatwa MUI Pusat, Wakil Ketua Lembaga Bahtsul Masail PBNU, Anggota Team Kaderisai PBNU, dan Koordinator II Dewan Tahqiq (verifikasi dan investigasi/audit) Badan Halal PBNU.

rokok

"Kiai-Kiai NU menyepakati dua klasifikasi hukum di atas, haram secara khusus, dan makruh secara umum." ujarnya.